Akpar Medan Melakukan Internal Audit Untuk ISO 9001:2015

Akademi Pariwisata Medan melaksanakan Internal Audit untuk Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2015. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan pemahaman Auditor terhadap standar terbaru. Pelaksanaan training ini Akademi Pariwisata Medan bekerja sama dengan Tsa Kaizen Consulting.

Training berlangsung selama 2 hari (5-6 September 2017) dengan Ms. Desy Sitompul, MT sebagai Trainer dan Mr. Anasril Agusri sebagai Team Trainer. Training dimulai pada pukul 09.30 WIB dengan dibuka Manajemen Akademi Pariwisata Medan (Ms. Dr. Rita Margaretha Setianingsih, M. Hum) selanjutnya training langsung dibuka oleh  Team Trainer, sebelum memulai training, team trainer mengajak peserta bermain ”badge name”, dimana peserta menulis nama peserta yang lain berdasarkan nomor urut peserta lain yang tersimpan dalam badge name dan menyematkannya ke peserta tersebut. Kemudian Team Trainer mengajak peserta menulis harapan-harapannya selama mengikuti pelatihan dan menempelkannya di pohon harapan. Selanjutnya Team Trainer membagi peserta dalam 5 (lima) kelompok untuk bermain games Klausul ISO 9001:2015 dan dilanjutkan penjelasan masing-masing klausul serta implementasinya di Akademi Pariwisata Medan.

Setelah Ishoma, Trainer mengeksplor pemahaman peserta tentang istilah Audit dan selanjutnya melanjutkan penyampaian materi tentang audit internal berdasarkan ISO 19011:2011.

Pada besok hari (tanggal 6 September 2017), team trainer mereview pemahaman peserta terhadap klausul yang sudah disampaikan oleh trainer pada hari sebelumnya. Metode yang digunakan team trainer dengan games lempar bola kertas, dimana orang yang mendapatkan bola tersebut harus menjawab pertanyaan yang diajukan oleh team trainer. Kemudian dilanjutkan trainer menjelaskan lanjutan pemahaman audit internal ISO 19011:2011.

Selain itu, peserta juga melakukan workshop tentang cara membuat program audit tahunan, surat penunjukkan lead dan auditor internal, jadwal audit internal, membuat checklist pertanyaan saat mengaudit, cara mengisi form temuan dan observasi serta membuat laporan audit internal.

Sebelum penutupan training, Trainer membagikan kuesioner & soal post test untuk melihat efektifitas pelaksanaan training Internal Quality Audit ISO 9001:2015. Secara keseluruhan training berjalan dengan lancar dan sesuai jadwal.

Previous
Next

Butuh jasa pelatihan/konsultasi Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2015? Silahkan hubungi kami di : 081361454283 (Desy) / 081375759918 (Anasril) atau bisa email : tsa_kaizen@yahoo.com